Header Ads Widget

Panduan Menyusun RPP Tahun 2017

Daftar Isi [Tutup]

    sesuai


    Identitas
    1. Sekolah : (Diisi nama sekolah/satuan pendidikan) 
    2.  Mata Pelajaran : (Diisi nama mata pelajaran) 
    3. Kelas/Semester : (Diisi dengan jenjang kelas dan semester) 
    4. Materi Pokok : (Diambil dari Kompetensi Dasar/KD) 
    5. Alokasi Waktu: sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban berguru dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai.
    Kompetensi Inti (KI)
    1. KI dikutib dari Permendikbud 21 Tahun 2016 
    2. KI mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau agenda dalam mencapai SKL.
    Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
    1. KD dikutib dari Permendikbud No 24 Tahun 2016 
    2. KD merupakan kemampuan minimal dan bahan pembelajaran minimal yang harus dicapai penerima didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada KI. 
    3. IPK dikembangkan dari KD, merupakan kemampuan minimal yang dapat diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI 1 dan KI 2, dan kemampuan yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI 3 dan KI 4. 
    4. IPK disusun menggunakan kata kerja opresional yang dapat diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. 
    5. IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif 
    6. IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan ajaib dan/atau ketrampilan konkret 
    7. Peserta didik boleh memiliki kemampuan di atas yang telah ditetapkan dalam IPK dan dapat dikembangkan dari LOTS menuju HOTS)
    Tujuan Pembelajaran

    1. dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan 
    2. Dituangkan dalam bentuk deskripsi, memuat kompetensi yang hendak dicapai oleh penerima didik 
    3. Memberikan gambaran proses pembelajaran 
    4. Memberikan gambaran pencapaian hasil pembelajaran
    Materi Pelajaran

    1. memuat fakta, konsep/prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi/IPK 
    2. Ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai sesuia dengan cakupan bahan yang termuat pada IPK atau KD pengetahuan 
    3. Cakupan bahan sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan 
    4. Mengakomodasi muatan lokal dapat berupa keunggulan lokal, kearifan lokal, kekinian dll yang sesuai dengan cakupan bahan pada KD pengetahuan.
    Metode Pembelajaran

    1. Harus bisa mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran biar penerima didik mencapai KD yang diubahsuaikan dengan karakteristik penerima didik dan KD yang akan dicapai 
    2. Menerapkan pembelajaran aktif (peserta didik yang aktif) yang bermuara pada pengembangan HOTS 
    3. Menggambarkan sintaks/tahapan yang terang (apabila menggunakan model pembelajaran tertentu). 
    4. Sesuai dengan tujuan pembelajaran 
    5. Menggambarkan proses pencapaian kompetensi
    Media Pembelajaran

    1. berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran 
    2. Mendukung pencapaian kompetensi dan pembelajaran aktif dengan pendekatan ilmiah 
    3. Sesuai dengan karakterisitik penerima didik
    4. Memanfaatan teknologi pembelajaran sesuai dengan konsep dan prinsip tekno-pedagogis
    Sumber Belajar
    Dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber berguru lain yang relevan

    Langkah-Langkah Pembelajaran
    Dintegrasi:

    1. 4C (kemampuan berkomunikasi, kemampuan berinteraksi, kemampuan berpikir/lebih luas dari HOTS):  CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK): PROSES KONSEPTUALISASI, MENERAPKAN, MENGANALISIS, DAN MENGEVALUASI MELALUI PROSES BERPIKIR DEDUKTIF DAN INDUKTIF (sintesis dari Scriven dan Paul, 1984; Facione, dkk., 1995; Scheffer dan Rubenfield, 2000). CREATIVITY (KREATIVITAS): KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN SOLUSI, IDE, KONSEP, TEORI, PROSEDUR, PRODUK. INOVASI ADALAH BENTUK KREATIVITAS (sintesis antara Fullan, 2013 dan OECD, 2014) COLLABORATION (KERJASAMA): KEMAMPUAN KERJASAMA DALAM KELOMPOK BAIK TATAP MUKA ATAU MELALUI KOMUNIKASI DUNIA MAYA UNTUK MEMECAHKAN MASALAH, MENYELESAIKAN KONFLIK, MEMBUAT KEPUTUSAN, DAN NEGOSIASI UNTUK MENCAPAI TUJUAN TERTENTU (sintesis antara Lai, 2011 dan Dede, 2010). COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI): KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PIKIRANATAU PANDANGAN DAN HASIL LAIN DALAM BENTUK LISAN, TULISAN, MENGGUNAKAN IT, DAN KEMAMPUAN MENDENGAR, KEMAMPUAN MEMAHAMI PESAN (revisi dari Fullan, 2013, Canada, 2014) 
    2. HOTS (kemampuan berpikir) 
    3. Literasi antara lain pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam aneka macam bentuk tulisan, dll 
    4. Karakter 
    Pembelajaran dirancang: interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi pesertadidik untuk berpartisipasi aktif, serta menawarkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis penerima didik

    Dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup
    Kegiatan Pendahuluan:

    1. menyiapkan penerima didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; 
    2. memberi motivasi berguru penerima didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi bahan asuh dalam kehidupan sehari-hari, dengan menawarkan pola dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta diubahsuaikan dengan karakteristik dan jenjang penerima didik; 
    3. mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan bahan yang akan dipelajari; 
    4. menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan 
    5. menyampaikan cakupan bahan dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. 
    Kegiatan Inti:

    1. menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber berguru yang diubahsuaikan dengan karakteristik penerima didik dan mata pelajaran. 
    2. Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik bahan dan mata pelajaran. 
    3. Mengembangkan sikap melalui proses afeksi mulai dari menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, sampai mengamalkan (seluruh kegiatan pembelajaran berorientasi pada tahapan kompetensi yang mendorong penerima didik untuk melaksanakan kegiatan tersebut) 
    4. Mengembangkan pengetahuan melalui kegiatan mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, sampai mencipta. 
    5. Mengembangkan keterampilan melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta.
    6. Seluruh isi bahan mata pelajaran yang diturunkan dari keterampilan harus mendorong penerima didik untuk melaksanakan proses pengamatan sampai penciptaan. 
    Kegiatan Penutup
    guru bersama penerima didik baik secara individual maupun kelompok melaksanakan refleksi untuk mengevaluasi hal-hal berikut.  
    1. seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat pribadi maupun tidak pribadi dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; 
    2. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 
    3. melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk sumbangan tugas, baik peran individual maupun kelompok; dan 
    4. menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
    Penilaian Hasil Belajar
    1. Sesuai dengan kompetensi (IPK dan atau KD) 
    2. Sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran 
    3. Sesuai bahan pembelajaran 
    4. Memuat soal HOTS dan soal-soal keterampilan khusus mata pelajaran (misalnya Agama, Seni Budaya, Bahasa, dll) 
    5. Memuat: 
    • Lingkup penilaian: sikap, pengetahuan, keterampilan b) Teknik penilaian 
    • Sikap: observasi, jurnal, penilaian diri, penilaian antar teman 
    • Pengetahuan: tes tulis, tes lisan, penugasan 
    • Keterampilan: praktik, proyek, portofolio c) Bentuk instrumen 
    • Lembar observasi, lembar penilaian diri, lembar penilaian antar teman
    • Soal pilihan ganda, soal esai, isian singkat, dll (mengembangkan soal HOTS/tingkat berpikir tinggi dari suatu kemampuan kognitif) 
    • Rubrik praktik/unjuk kerja, rubric proyek, rubrik portofolio
    Lampiran
    Hal-hal yang mendukung, misalnya

    1. uraian bahan yang memang diperlukan 
    2. instrumen penilaian dilengkapi dengan pedoman penskoran, dll

    Post a Comment

    0 Comments